Bahaya self-diagnosis

Bahaya Self Diagnosis!

Informasi adalah hal yang sangat penting untuk didapatkan di zaman sekarang. Mendapatkan informasi pada zaman sekarang, sudah lebih mudah dibandingkan zaman dulu. Hadirnya internet, social media, dan portal berita online-lah yang membuat hal ini menjadi lebih mudah.

Bahaya self diagnosis

Bahaya self diagnosis

Karena kemudahannya, tak jarang orang mencari tau sebuah informasi terkait gejala dan penyebab terjadinya suatu masalah kesehatan melalui internet. Cara ini dipilih dibanding memeriksakan diri ke dokter, karena cara ini lebih mudah untuk dilakukan. Fenomena seperti ini yang disebut dengan self diagnosis.

Dampak Berbahaya Self Diagnosis

Seperti yang sudah dijelaskan secara singkat di atas, Self Diagnosis adalah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dalam menemukan penyebab dan gejala dari suatu masalah kesehatan tanpa adanya bantuan tenaga medis professional. Jika seseorang melakukan hal ini, besar kemungkinan terjadi kesalahan diagnosa yang akan berdampak pada salah penanganan. Kesalahan penaganan yang umum terjadi adalah mengonsumsi obat tanpa resep dari dokter.

Ketika seseorang melakukan penanganan medis tanpa bantuan tenaga medis profesional seperti dokter, obat dan penanganan yang dilakukan bisa saja salah. Hal ini justru akan menyebabkan penyakit lain yang lebih berbahaya. Inilah mengapa, ketika Anda merasakan ada masalah pada kesehatan Anda lebih disarankan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter agar mendapatkan penanganan dan obat yang tepat.

Dampak Self Diagnosis pada Kesehatan Mental

Selain berpengaruh kepada kesehatan fisik, self diagnosis juga dapat berpengaruh kepada kesehatan mental Anda. Contohnya seperti, Anda mengalami kekhawatiran berlebih, ketika kekhawatiran tersebut muncul Anda akan merasa sering pusing. Ketika Anda merasakan pusing, akhirnya Anda melakukan pencarian terhadap penyebab gejala pusing yang Anda alami tersebut.

Setelah melakukan pencarian, akhirnya Anda mendapatkan sebuah hasil. Anda mendapati, bahwa sering pusing dapat terjadi pada orang yang mengalami penyakit otak serius, seperti tumor otak. Kekhawatiran berlebih mulai muncul dan Anda menjadi stres karena Anda beranggapan bahwa Anda mengidap tumor otak. Padahal, belum tentu Anda mengidap penyakit tersebut.

Jika kondisi ini berlangsung dalam jangka waktu yang relatif lama, kemungkinan besar Anda akan mengalami gangguan keecemasan umum karena dampak dari kekhawatiran berlebih yang Anda rasakan selama melakukan self diagnosis.

Dibandingkan Anda melakukan self diagnosis yang justru akan membuat Anda mengalami kekhawatiran berlebih, lebih baik Anda melakukan pemeriksaan ke dokter yang tersedia di dekat lokasi Anda. Jika Anda masih ragu untuk melakukan pemeriksaan ke dokter karena masih maraknya pandemi COVID-19, Anda bisa melakukan konsultasi melalui aplikasi telemedis yang bisa Anda unduh melalui Appstore atau playstore, seperti Halodoc atau Temenin yang merupakan aplikasi resmi dari Kementrian Kesehatan Republic Indonesia.

Kesimpulan

Self diagnosis memiliki tingkat bahaya yang relatif tinggi, baik untuk kesehatan fisik maupun kesehatan mental. Hal ini diakibatkan karena kesalahan penanganan seperti salah mengonsumsi obat, dan kesalahan tindakan penanganan terhadap penyakit yang Anda alami. Selain penyakit yang sedang Anda rasakan tidak kunjung sembuh, self diagnosis juga akan menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius jika Anda salah melakukan penanganan.

Untuk menghindari bahaya dari self diagnosis Anda bisa mengunjungi dokter yang ada di dekat lokasi Anda, agar Anda mendapatkan resep obat yang tepat, dosis yang tepat, serta penanganan yang tepat pula. Jika Anda memiliki kesibukan atau merasa takut mengunjungi dokter karena maraknya pandemi COVID-19, Anda bisa mendownload aplikasi telemedis yang sudah tersedia untuk gadget Anda. Aplikasi telemedis ini memungkinkan Anda untuk melakukan konsultasi bersama dokter tanpa Anda perlu keluar rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ruko Cibinong City Center, Blok B No. 12B

Hubungi Kami Segera

Hubungi Kami Segera

021 2933 5171

Email Kami

Email Kami

lab.arkatama@gmail.com

Daftar Online

Daftar Online

Daftar Cek Lab