Memeriksa kadar kolesterol penting untuk menjaga kesehatan Anda

Berapa Kadar Kolesterol yang Normal?

Kadar kolesterol yang normal dapat menghindarkan diri Anda dari berbagai macam penyakit berbahaya seperti penyakit jantung dan stroke. Untuk itu, penting bagi Anda mengetahui berapa kadar kolesterol yang normal untuk mencegah penyakit tersebut.

Memeriksa kadar kolesterol penting untuk menjaga kesehatan Anda

Kolesterol adalah sebuah senyawa lemak, sekitar seperempat kolesterol dalam tubuh diproduksi oleh sel-sel hati. Tubuh Anda tetap memerlukan kolesterol agar tetap sehat. Kolesterol memiliki 2 jenis, yaitu kolesterol baik dan kolesterol jahat.

  • Kolesterol Baik

HDL (High Density Lipoprotein) adalah kolesterol baik yang berfungsi mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah akibat lemak atau sering disebut ateroma. Ateroma adalah plak lemak yang menumpuk pada dinding arteri pembuluh darah.

  • Kolesterol Jahat

LDL (Low Density Lipoprotein) adalah kolesterol jahat yang merupakan penyebab utama pembentukan ateroma. Setelah berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun, ateroma tersebut dapat menebal dan meluas.

Jika Anda biarkan terlalu lama, hal ini dapat memicu penyumbatan pembuluh darah dan menyebabkan aliran darah tidak lancar. Kondisi tersebut bisa menyebabkan serangan jantung, stroke, atau masalah kesehatan serius lainnya.

Kolesterol Jahat dapat meningkatkan risiko penyakit jantung

  • Trigliserida

Selain kolesterol baik dan kolesterol jahat, tubuh juga menyimpan lemak dalam darah yang disebut trigliserida. Lemak ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

  • Kolesterol Total

Dalam pengukuran kadar kolesterol yang normal dalam darah dikenal istilah kolesterol total. Kolesterol total adalah gabungan dari jumlah kolesterol baik, kolesterol jahat, dan trigliserida dalam setiap desiliter darah.

Berapa Kadar Kolesterol yang Normal?

  • Kolesterol Baik

Kolesterol baik atau HDL memiliki peranan penting dalam melindungi diri Anda dari penyakit jantung. Jadi, semakin tinggi kadar kolesterol baik, maka semakin baik untuk kesehatan tubuh Anda. Kadar HDL minimal adalah 60 mg/dL atau lebih. Jika kadar HDL kurang dari 40 mg/DL justru akan berbahaya dan akan meningkatkan risiko Anda terkena penyakit jantung.

  • Kolesterol Jahat

Kolesterol jahat atu LDL sebaiknya berada pada kadar kurang dari 100 mg/dL. Tubuh Anda masih dapat menoleransi kadar LDL 100-129 mg/DL, namun jika melebihi angka tersebut, risiko Anda terkena penyakit jantung, stroke, dan masalah kesehatan serius lainnya akan meningkat.

  • Trigliserida

Trigliserida dapat meeningkatkan risiko Anda terkena penyakit jantung. Semakin rendah kadar Trigliserida dalam darah Anda maka semakin baik. Trigliserida dikatakan dalam ambang batas tinggi apabila berapa di angka 150-199 mg/dL. Jika Trigliserida berapa di angka 200 mg/dL atau lebih maka termasuk tinggi.

  • Kolesterol Total

Biasanya, dengan melihat kadar HDL dan kolesterol total saja sudah dapat menggambarkan kondisi kolesterol dalam tubuh Anda. Jika kadar kolesterol total lebih dari 200 mg/dL, atau kadar HDL kurang dari 40 mg/dL, maka Anda perlu melakukan pemeriksaan kolesterol secara lengkap, termasuk memeriksa kadar LDL dan trigliserida.

Seperti yang Anda ketahui, kolesterol memang berbahaya bagi tubuh Anda. Untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh Anda berada dalam batas yang normal, perhatikan pola makan Anda. Jika Anda sering mengonsumsi makanan tinggi kolesterol, tak heran jika kadar kolesterol Anda tinggi dan dapat mengancam kesehatan Anda.

Hindari mengonsumsi makanan tinggi kolesterol seperti makanan yang digoreng, makanan cepat saji, daging olahan, makanan penutup, seafood, jeroan, susu tinggi lemak, es krim, dan produk minuman kemasan.

Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi makanan berserat, berolahraga secara rutin, dan mengurangi stress untuk menjaga kadar kolesterol Anda tetap dalam batas normal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ruko Cibinong City Center, Blok B No. 12B

Hubungi Kami Segera

Hubungi Kami Segera

021 2933 5171

Email Kami

Email Kami

lab.arkatama@gmail.com

Daftar Online

Daftar Online

Daftar Cek Lab