Cara Mencegah Flu Saat Musim Hujan

Cara Mencegah Flu Saat Musim Hujan

Ketika musim hujan tiba, biasanya tubuh akan lebih mudah terserang penyakit. Kekebalan tubuh yang menurun, serta pertumbuhan bakteri dan virus yang meningkat menjadi penyebab utama mengapa tubuh lebih mudah terserang virus ketika musim hujan tiba. Penyakit yang paling umum menyerang ketika musim hujan adalah flu, dan Anda perlu mengetahui cara mencegah flu agar kesehatan Anda tetap terjaga.

Cara Mencegah Flu Saat Musim Hujan

Cara Mencegah Flu Saat Musim Hujan

Cara Mencegah Flu Saat Musim Hujan

Mencegah flu saat musim hujan tentu membutuhkan beberapa kiat khusus. Hal ini juga tidak bisa Anda lakukan hanya sesekali saja, Anda harus tetap konsisten melakukannya agar tubuh Anda tetap sehat dan terhindar dari segala macam penyakit. Berikut adalah beberapa cara mencegah flu saat musim hujan:

Rajin Mencuci Tangan

Membiasakan diri mencuci tangan sebelum makan dan setelah menyentuh benda-benda yang kotor dapat membantu mencegah flu secara efektif.

Usahakan untuk mencuci tangan menggunakan sabun dan dengan air mengalir. Usap seluruh bagian tangan, termasuk sela-sela jari, kuku, dan pergelangan tangan, minimal selama 20 detik.

Tidak Menyentuh Wajah dengan Tangan Kotor

Mata, hidung, dan mulut adalah salah satu sarana untuk virus flu masuk ke tubuh Anda. Jika tangan Anda kotor atau Anda baru saja menyentuh benda kotor, sebaiknya Anda mencuci tangan terlebih dahulu. Jika air dan sabun tidak tersedia, Anda bisa menggunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol 60% sebagai alternatif pengganti sabun dan air.

Rutin Berolahraga

Selain baik untuk kesehatan, berolahraga juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Hal ini bermanfaat untuk mencegah virus flu yang menyerang Anda ketika musim hujan, terlebih jika kondisi daya tahan tubuh Anda sedang rendah. Lakukan olahraga minimal 20-30 menit rutin setiap hari agar tubuh Anda semmakin sehat dan bugar.

Cukupi Kebutuhan Gizi

Selain berolahraga, cara mencegah flu saat musim hujan yang efektif adalah dengan mencukupi kebutuhan gizi harian Anda. Mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna dengan komposisi sayur dan buah yang banyak bisa mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral Anda. Anda juga perlu mengonsumsi protein yang bisa Anda dapatkan melalui telur, daging merah, atau ikan.

Istirahat yang Cukup

Selain membuat Anda mudah stres, kurangnya waktu istirahat juga dapat melemagkan daya tahan tubuh Anda sehingga Anda lebih rentan terserang penyakit dan virus. Setiap harinya, Anda perlu tidur minimal 7-9 jam agar tubuh Anda dapat menjalankan fungsinya secara optimal, serta menjaga mood Anda tetap stabil.

Memakai Masker

Virus flu dapat menyebar melalui udara ketika seseorang yang terkena flu batuk, bersin, atau meludah. Menggunakan masker dapat membantu mencegah virus flu masuk ke dalam tubuh Anda melalui hidung dan mulut.

Jika Anda saat ini sedang terserang virus flu, ada baiknya Anda juga menggunakan masker. Hal ini agar mencegah virus bertebaran melalui udara ketika Anda bersin atau batuk sekaligus menjaga kesehatan orang lain yang berada di dekat Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ruko Cibinong City Center, Blok B No. 12B

Hubungi Kami Segera

Hubungi Kami Segera

021 2933 5171

Email Kami

Email Kami

lab.arkatama@gmail.com

Daftar Online

Daftar Online

Daftar Cek Lab