Cara mengatasi nyeri haid tanpa obat

Cara Mengatasi Nyeri Haid Tanpa Obat

Nyeri haid seringkali menjadi masalah bagi sebagian wanita. Pasalnya, nyeri haid dapat mengganggu konsentrasi dan mempengaruhi produktivitas kerja. Jika Anda adalah salah satu orang yang sangat terganggu dengan nyeri haid, Anda perlu mempelajari bagaimana cara mengatasi nyeri haid tanpa obat, sehingga aman untuk tubuh Anda.

"Cara

Umumnya, sebagian wanita menggunakan obat seperti ibuprofen untuk mengurangi nyeri haid. Namun, terlalu banyak mengonsumsi obat-obatan akan membuat tubuh Anda ketergantungan kepada obat tersebut saat Anda merasakan nyeri haid. Agar tubuh Anda tetap sehat, aman dan tidak ketergantungan obat, Anda perlu melakukan beberapa cara mengatasi nyeri haid tanpa obat, seperti berikut ini:

Olahraga Ringan

Pada saat berolahraga, tubuh Anda akan melepaskan hormon Endorfin. Hormon ini adalah sebuah hormon yang diproduksi secara alami oleh tubuh, fungsinya adalah sebagai pereda rasa sakit alami dan juga sebagai pemicu perasaan atau emosi positif.

Pada saat Anda mengalami nyeri haid, emosi Anda akan menjadi tidak stabil. Hormon Endorfin yang diproduksi tubuh ketika Anda berolahraga ringan mampu membuat emosi Anda lebih baik sekaligus meredakan nyeri haid.

Mengompres Perut

Saat Anda mengalami nyeri haid, otot-otot di rahim Anda akan menegang, hal inilah yang menyebabkan Anda merasakan nyeri. Mengompres perut dengan air hangat dapat membantu Anda mengatasi nyeri haid. Suhu hangat dapat membantu melemaskan otot yang menegang di rahim Anda, sehingga nyeri haid dapat berkurang.

Mengonsumsi Teh Chamomile

Mengonsumsi teh chamomile merupakan salah satu cara mengatasi nyeri haid tanpa obat

Teh Chamomile

Mengonsumsi teh chamomile bisa dilakukan kapanpun dan dalam situasi apapun. Chamomile merupakan bunga yang sering kali digunakan menjadi bahan utama teh. Teh chamomile juga memiliki berbagai macam manfaat, antara lain:

  • Mengatasi gangguan tidur

Dilansir dari Medical News Today, 10 dari 12 pasien penderita penyakit kardiovaskular tertidur sesaat setelah mengonsumsi teh chamomile. Hal ini juga telah dilakukan uji klinis, hasilnya teh chamomile bisa membantu seseorang untuk lebih rileks dan tertidur pulas.

  • Mengatasi kulit berjerawat

Selain mengatasi gangguan tidur, teh chamomile juga terbukti dapat membantu mengatasi jerawat sehingga kulit Anda nampak lebih bersih. Tak hanya mengatasi jerawat, ternyata bekas jerawat yang umumnya berwarna gelap juga diyakini mampu untuk diatasi dengan teh chamomile.

  • Mengatasi nyeri haid tanpa obat

Dalam sebuah studi, mengonsumsi teh chamomile selama sebulan penuh dilaporkan dapat membantu mengatasi nyeri haid. Selain mengatasi nyeri haid, teh chamomile juga terbukti dapat membuat emosi lebih stabil ketika sedang datang bulan.

Akupuntur

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam British Journal of Obstetrics and Gynaecology menyebutkan bahwa akupuntur bisa menjadi salah satu alternatif cara mengatasi nyeri haid tanpa obat. Efek samping dari akupuntur juga tidak sebesar jika Anda mengonsumsi obat-obatan pereda nyeri haid.

Dr. Mike Armor, seorang periset dari National Institute of Complementary Medicine bersama sejumlah rekan dari Universitas Auckland di bagian Departemen Obsteri dan Ginekologi juga melakukan riset yang memperkiat pernyataan sebelumnya. Hasil riset ini membuktikan bahwa wanita yang melakukan terapi akupuntur mendapatkan intensitas nyeri haid yang berkurang secara signifikan.

Empat cara mengatasi nyeri haid tanpa obat ini dapat Anda terapkan saat Anda mengalami nyeri haid agar tubuh Anda tetap sehat dan tidak ketergantungan terhadap obat. Lakukan cara di atas secara rutin agar nyeri haid yang Anda alami dapat berkurang secara signifikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ruko Cibinong City Center, Blok B No. 12B

Hubungi Kami Segera

Hubungi Kami Segera

021 2933 5171

Email Kami

Email Kami

lab.arkatama@gmail.com

Daftar Online

Daftar Online

Daftar Cek Lab