Perbedaan sakit pinggang dan sakit ginjal

Ini Perbedaan Sakit Pinggang dan Sakit Ginjal

Apakah Anda pernah mengalami sakit pinggang atau sakit ginjal? Jenis penyakit ini meskipun memiliki penyebab yang berbeda, namun lokasi nyerinya berada di tempat yang sama, yaitu di bagian punggung bawah. Sebagian orang sering kali salah kaprah dan melakukan self-diagnosis yang justru berbahaya untuk kesehatan fisik dan mental.

Perbedaan sakit pinggang dan sakit ginjal

Perbedaan sakit pinggang dan sakit ginjal

Meskipun memiliki lokasi nyeri yang sama, namun ternyata kedua jenis penyakit ini memiliki perbedaan nyeri yang cukup signifikan. Jika Anda memiliki rasa penasaran yang tinggi terkait perbedaannya, berikut kami sajikan perbedaan nyeri dari kedua jenis penyakit tersebut:

Perbedaan Sakit Pinggang dan Sakit Ginjal

Sakit pinggang atau low back pain adalah sakit atau nyeri yang dirasakan pada punggung bagian bawah. Penderita sakit pinggang dapat mengalami nyeri yang timbul tenggelam secara terus menerus, baik pada salah satu sisi pinggang maupun keduanya.

Sedangkan, sakit ginjal adalah istilah yang menggambarkan apapun gangguan yang terjadi pada ginjal, yang merupakan organ yang memiliki fungsi untuk menyaring darah. Penyakit yang menyerang organ yang terletak di punggung bagian bawah ini akan mengganggu fungsinya dalam menyaring limbah atau racun dari darah.

Berdasarkan Lokasi Sakitnya

Meskipun lokasi nyerinya sulit dibedakan, namun sakit ginjal biasanya terjadi pada area lebih atas dibandingkan sakit punggung, yaitu pada area sekitar punggung tengah. Sedangkan, sakit pinggang biasanya berada di area punggung bawah, yaitu di atas tulang ekor dan area bokong.

Berdasarkan Rasa Sakitnya

Jika dibedakan berdasarkan rasa sakit atau nyeri yang ditimbulkan, sakit ginjal umumnya terasa lebih tajam jika diakibatkan oleh batu ginjal. Apabila penyebab sakit ginjal adalah infeksi pada ginjal, maka rasa sakitnya akan terasa lebih tumpul.

Untuk sakit pinggang akibat nyeri otot, umumnya terasa lebih tumpul dan tidak dalam. Sedangkan sakit pinggang yang diakibatkan nyeri saraf akan menimbulkan sensasi panas seperit terbakar.

Berdasarkan Gejala Penyertanya

Cara lain untuk membedakan kedua jenis penyakit ini adalah berdasarkan gejala penyertanya. Berikut adalah perbedaan gejala penyerta dari sakit pinggang dan sakit ginjal:

Gejala Penyerta Sakit Ginjal

  • Demam dan menggigil
  • Urine berwarna gelap (akibat fungsi filtrasi ginjal yang terganggu)
  • Mual dan muntah
  • Rasa sakit saat buang air kecil
  • Muncul darah pada urine

Gejala Penyerta Sakit Pinggang

  • Area yang terasa nyeri nampak bengkak
  • Mati rasa atau lemas pada salah satu atau kedua kaki (Jika sakit disebabkan nyeri saraf)
  • Kejang otat pada area yang sakit

Kesimpulan

Meskipun sakit pinggang dan sakit ginjal area atau lokasi sakitnya nampak sama, namun ada perbedaan yang cukup signifikan. Dengan memahami perbedaannya, Anda akan lebih mengerti jenis sakit yang Anda alami saat ini. Perbedaan kedua jenis penyakit ini dapat dibedakan berdasarkan:

  1. Berdasarkan lokasi sakitnya
  2. Berdasarkan rasa sakitnya
  3. dan berdasarkan gejala penyertanya

Jika Anda sudah memahami perbedaan dari kedua jenis penyakit ini, sebaiknya Anda tetap melakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter terdekat. Hal ini untuk mencegah bahaya self-diagnosis seperti salah mengonsumsi obat yang akan berakibat buruk pada kesehatan fisik Anda, maupun kecemasan berlebih yang akan berdampak buruk pada kesehatan mental Anda.

Jika Anda masih ragu untuk mengunjungi dokter karena masih maraknya pandemi COVID-19, Anda bisa menggunakan aplikasi telemedis untuk melakukan konsultasi dengan dokter professional dari jarak jauh, tanpa perlu keluar rumah. Selalu cek kesehatan Anda sebelum penyakit berbahaya menyerang Anda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ruko Cibinong City Center, Blok B No. 12B

Hubungi Kami Segera

Hubungi Kami Segera

021 2933 5171

Email Kami

Email Kami

lab.arkatama@gmail.com

Daftar Online

Daftar Online

Daftar Cek Lab