Kegiatan Pelepas Stres Saat Pandemi

Kegiatan Pelepas Stres Saat Pandemi

Stres merupakan hal yang sering kali dialami oleh sebagian orang pada masa pandemi COVID-19. Perubahan pola hidup dan pola kerja yang drastis, terbatasnya ruang dan waktu untuk bersosialisasi secara langsung, serta ancaman pandemi COVID-19 menjadi pemicu stres utama. Untuk itu, kegiatan pelepas stres sangat dibutuhkan sebagai salah satu upaya mengontrol stres dan juga memperkuat sistem imun.

Kegiatan Pelepas Stres Saat Pandemi

Kegiatan Pelepas Stres Saat Pandemi

Tentu dengan segala keterbatasan pada masa pandemi ini, kegiatan pelepas stres juga perlu disesuaikan agar tetap bisa dilakukan secara aman dan nyaman. Untuk Anda yang saat ini berstatus sebagai pegawai kantoran yang memiliki jadwal kerja tidak menentu, Anda juga bisa menerapkan beberapa kegiatan di bawah ini:

Kegiatan Pelepas Stres Saat Pandemi

Olahraga

Olahraga adalah salah satu kegiatan yang dapat mengatasi stres terutama pada masa pandemi. Ketika Anda melakukan kegiatan olahraga, tubuh Anda memproduksi hormon endorfin secara alami. Hormon ini adalah hormon yang memberikan efek meredakan rasa sakit dan juga membangkitkan emosi positif, dampaknya stres yang Anda rasakan akan berkurang.

Saat Anda berolahraga, lebih baik Anda tidak menggunakan masker. Masker yang Anda gunakan saat berolahraga akan menganggu kemampuan Anda untuk bernafas dengan baik. Agar Anda tetap terhindar dari bahaya pandemi COVID-19, Anda bisa melakukan olahraga di dalam ruangan dengan ventilasi udara yang baik.

Kegiatan olahraga yang bisa Anda lakukan di dalam ruangan antara lain, push up, squad, mountain climber, dan lari di tempat. Jika Anda mempunyai alat olahraga seperti treadmil, dan sepeda statis, Anda bisa memanfaatkannya untuk berolahraga. Lakukan kegiatan olahraga selama 20-40 menit sehari agar tubuh Anda tetap sehat dan prima.

Beribadah & Berdoa

Beribadah dan berdoa adalah salah satu kegiatan pelepas stres saat pandemi

Beribadah dan berdoa adalah salah satu kegiatan pelepas stres saat pandemi

Setelah seharian bekerja mencari nafkah dan memenuhi tanggung jawab sebagai kepala keluarga, tentu Anda tidak boleh lupa dengan kewajiban beribadah shalat 5 waktu (Jika Anda seorang muslim). Beribadah dan berdoa adalah sebuah alternatif sarana untuk mencurahkan isi kepala dan emosi yang telah terbelenggu di dalam diri Anda.

Meskipun Anda sudah menerapkan pola hidup sehat dan pola makan yang sehat, tentu Anda juga perlu memanjatkan doa untuk meminta kesehatan agar tetap bisa sehat secara jasmani dan rohani. Berikut adalah doa untuk meminta kesehatan:

اَللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَدَنِى اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى سَمْعِى اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَصَرِ

Artinya :

“Ya Allah, sehatkanlah badan ku. Ya Allah sehatkanlah pendengaranku. Ya Allah sehatkanlah penglihatanku. Tidak ada Tuhan selain Engkau”.

Anda bisa membaca doa tersebut sebanyak tiga kali setiap pagi hari dan sore hari.

Bercanda Tawa

Selama masa pandemi COVID-19, kegiatan sosial secara langsung seperti berkumpul bersama sahabat menjadi berkurang. Padahal, kegiatan tersebut adalah salah satu sarana yang baik untuk melepaskan stres yang Anda rasakan setelah seharian bekerja. Terlebih, saat ini Anda lebih sering berkegiatan di dalam rumah yang membuat pikiran lebih mudah stres karena Anda lebih cepat merasa bosan.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk bersosialisasi dengan sahabat Anda tanpa perlu bertatap muka adalah dengan menggunakan aplikasi video call seperti Zoom. Ketika Anda melakukan video call bersama sahabat Anda, lepaskan seluruh emosi dan pikiran Anda. Ceritakan bagaimana kondisi Anda saat ini dan cobalah untuk bercanda dan tertawa bersama mereka untuk membantu Anda melepas stres yang Anda rasakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ruko Cibinong City Center, Blok B No. 12B

Hubungi Kami Segera

Hubungi Kami Segera

021 2933 5171

Email Kami

Email Kami

lab.arkatama@gmail.com

Daftar Online

Daftar Online

Daftar Cek Lab