Makanan pereda stres

Makanan Pereda Stres – Penting Pada Masa Pandemi!

Stres adalah masalah yang umum dialami ketika masa pandemi. Perubahan kegiatan yang drastis, hingga kurangnya sarana dan prasarana untuk bersosialisasi secara langsung menjadi faktor utama penyebab munculnya stres. Jika Anda saat ini merasakan stres dan sudah dalam jangka waktu yang cukup lama, hal ini akan berbahaya untuk kesehatan fisik dan mental Anda.

Makanan pereda stres

Melakukan kegiatan pereda stres saja mungkin masih belum cukup untuk Anda, untuk itu, kali ini kami membahas makanan apa saja yang dapat membantu meredakan stres, khususnya pada masa pandemi COVID-19. Di masa yang serba sulit ini, tentu menjadi tantangan tersendiri bagi Anda. Perubahan jam kerja yang tidak menentu, hingga tumpukan pekerjaan yang banyak adalah stressor bagi Anda yang bekerja sebagai pegawai kantoran.

Menerapkan pola hidup sehat serta pola makan yang sehat tentu wajib untuk Anda lakukan. Namun, hal itu saja belum cukup, Anda masih perlu mengontrol stres yang Anda alami, agar Anda bisa bekerja secara optimal dan produktif seperti sebelum pandemi COVID-19 menyerang. Berikut adalah beberapa daftar makanan pereda stres yang dapat Anda konsumsi untuk membantu meredakan stres:

Makanan Pereda Stres

Alpukat

Buah alpukat memiliki kandungan glutatione, senyawa ini memiliki peranan penting untuk memblokir penyerapan lemak tertenttu di dalam usus yang merupakan penyebab kerusakan oksidatif. Selain glutatione, buah alpukat juga mengandung lutein, beta karoten, vitamin E, dan folat dengan jumlah yang lebih tinggi dibanding buah lainnya.

Meskipun termasuk dalam buah-buahan, alpukat juga terhitung sebagai asupan lemak. Anda perlu membatasi konsumsi buah ini, agar Anda mendapatkan manfaatnya secara maksimal meskipun buah ini termasuk ke dalam makanan pereda stres.

Berry

Buah berry seperti blueberry dan stroberi merupakan buah-buahan yang memiliki kandungan antioksidan tinggi. Kandungan antosianin yang terkandung di dalamnya bermanfaat untuk menajamkan kognitif otak sekaligus dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Buah jenis ini juga telah terbukti dapat mengurangi peradangan dan membantu menjaga kesehatan pembuluh darah.

Selain itu. buah yang kaya vitamin C ini juga mampu meredakan stres. Kalori yang rendah, kandungan serat yang tinggi, tentunya sangat baik Anda konsumsi tanpa Anda perlu khawatir dengan kenaikan berat badan Anda. Konsumsilah buah ini di pagi hari, Anda bisa mengonsumsinya bersama yogurt, sereal, atau oatmeal.

Jeruk

Sama seperti buah berry, buah jeruk juga merupakan buah dengan kandunngan vitamin C yang tinggi. Faktanya, vitamin c tak hanya bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh, namun juga ampuh untuk mengurangi efek fisik dan psikologis dari tekanan stres.

Penelitian menemukan bahwa kelenjar adrenalin mengandung kadar vitamin C yang tinggi, dan jika seorang mengalami stres, maka persediaan vitamin c dalam tubuh akan terkuras. Untuk itu, penting mengonsumsi vitamin C agar Anda terhindar dari tanda-tanda stres mental dan fisik yang dapat menyebabkan tantangan psikologis akut.

Oatmeal

Oatmeal memang telah dikenal dengan kandungan seratnya yang tinggi sehingga membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Namun ternyata, manfaat oatmeal tak hanya itu saja, karbohidrat kompleks yang terkandung dalam oatmeal membantu otak dalam menghasilkan hormon mood baik, alias serotonin.

Tak hanya bersifat sebagai antioksidan, hormon serotonin juga menciptakan rasa menenangkan yang dapat bantu meredakan stres. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa anak-anak yang mengonsumsi oatmeal sebagai menu sarapan paginya memiliki performa belajar yang lebih tinggi sepanjang pagi.

Kesimpulan

Mengonsumsi makanan pereda stres selain membantu Anda dalam mengontrol stres selama masa pandemi, namun Anda juga bisa mendapatkan berbagai macam manfaat karena kandungan vitamin dan mineralnya yang kaya. Selama masa pandemi COVID-19, Anda wajib mengonsumsi makanan pereda stres tersebut secara teratur agar Anda terbebas dari bahaya stres berkepanjangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ruko Cibinong City Center, Blok B No. 12B

Hubungi Kami Segera

Hubungi Kami Segera

021 2933 5171

Email Kami

Email Kami

lab.arkatama@gmail.com

Daftar Online

Daftar Online

Daftar Cek Lab