Makanan tinggi gula darah

Makanan Tinggi Gula – Penderita Diabetes Perlu Hindari Makanan Ini!

Makanan tinggi gula memang banyak beredar di sekitar kita. Tanpa Anda sadari, setiap hari Anda mengonsumsi gula dengan jumlah lebih dari jumlah asupan harian yang Anda butuhkan. Jika Anda merasa ragu dengan kondisi kadar gula dalam darah Anda, Anda selalu bisa melakukan pemeriksaan kadar gula darah sebelum semuanya terlambat.

Makanan tinggi gula darah

Makanan tinggi gula darah

Makanan tinggi gula perlu dihindari oleh orang-orang yang mengidap diabetes. Kandungan gula yang tinggi dapat membuat kadar gula dalam darah Anda meningkat, hal ini akan berbahaya bagi tubuh Anda. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui makanan apa saja yang memiliki kandungan gula yang tinggi, berikut daftarnya:

  • Nasi Putih

Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa orang yang mengonsumsi nasi putih secara berlebihan memiliki kecenderungan risiko diabetes tipe 2 yang lebih tinggi. Hal tersebut disebabkan karena nasi putih merupakan jenis makanan yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi namun rendah serat. Kandungan karbohidrat ini akan diubah oleh tubuh menjadi gula, kemudian diserap ke dalam darah.

Sebagai alternatif, Anda dapat mengganti nasi putih yang Anda konsumsi dengan nasi merah yang memiliki kandungan serat lebih tinggi dibandingkan nasi putih.

  • Roti Putih

Sama seperti nasi putih, roti putih juga memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi sehingga tubuh akan mengolah karbohidrat berlebih ini menjadi gula dan disimpan dalam darah. Jika Anda ingin mengonsumsi roti, cobalah untuk mengonsumsi roti gandum yang memiliki kandungan serat lebih tinggi.

  • Makanan Siap Saji

Selain tinggi kolesterol, makanan siap saji juga memiliki kandungan lemak, gula, dan karbohidrat yang tinggi. Jangan tergoda untuk mengonsumsi makanan cepat saji secara berlebihan, karena dapat membuat kadar gula darah Anda melonjak serta membahayakan kesehatan Anda.

  • Daging Merah dan Daging Olahan

Mungkin Anda bingung mengapa mengonsumsi daging dapat meningkatkan gula darah. Daging merah dan daging olahan memang tidak mengandum kadar gula yang tinggi, namun daging mengandum lemak jenuh yang cukup tinggi. Namun, sebuah penelitian mengatakan bahwa orang yang mengonsumsi daging olahan setiap hari, risiko mengalami diabetes tipe 2 meningkat hingga 2 kali lipat.

Jika Anda ingin mencukupi kebutuhan protein harian Anda, Anda bisa konsumsi dada ayam tanpa kulit sebagai alternatif.

  • Minuman Berenergi

Mayoritas minuman berenergi umumnya mengandung natrium dan kalium yang dapat memilihkan energi dan stamina saat Anda kelelahan dan dehidrasi. Namun, Anda perlu ingat bahwa umumnya minuman jenis ini mengandung banyak gula sehingga konsumsinya perlu Anda batasi. Untuk mencegah dan mengatasi dehidrasi, Anda cukup minum air putih atau air kelapa murni.

Kelima jenis makanan dan minuman di atas perlu Anda hindari baik bagi Anda penderita diabetes maupun yang belum terkena diabetes. Hal ini agar tubuh Anda terbebas dari penyakit-penyakit berbahaya yang bisa disebabkan oleh tingginya kadar gula dalam darah.

Selain mengatur pola makan menerapkan pola hidup sehat juga sangat penting untuk Anda agar tubuh Anda tetap sehat dan bugar, serta Anda tetap bisa beraktivitas dengan normal seperti biasanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ruko Cibinong City Center, Blok B No. 12B

Hubungi Kami Segera

Hubungi Kami Segera

021 2933 5171

Email Kami

Email Kami

lab.arkatama@gmail.com

Daftar Online

Daftar Online

Daftar Cek Lab