Makanan untuk menurunkan kolesterol

Makanan Untuk Menurunkan Kolesterol

Kolesterol bisa dikontrol dengan mengonsumsi makanan untuk menurunkan kolesterol. Bagi Anda penderita kolesterol, Anda perlu memperhatikan asupan makanan Anda untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh Anda tetap dalam batas normal.

Makanan untuk menurunkan kolesterol

Sebenarnya banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan kolesterol, namun cara sederhana yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi makanan yang dapat menurunkan kolesterol. Jika Anda belum tau berapa kadar kolesterol dalam tubuh Anda, segera lakukan pemeriksaan kadar kolesterol Anda.

Anda dapat mengonsumsi makanan dan minuman di bawah ini:

Sayuran Hijau

Sayur mayur memang merupakan salah satu makanan sehat yang dianjurkan oleh dokter. Selain menyehatkan, ternyata sayuran hijau juga sudah terbukti dapar menurunkan kadar kolesterol. Sayuran hijau seperti bayam, arugula, dan kangkung memiliki kadar antioksidan cukup tinggi yang berguna untuk mengikat asam empedu yang terbuat dari kolesterol, sehingga mencegah terakumulasinya kolesterol dalam darah.

Jika Anda tidak terlalu menyukai sayur-sayuran hijau, cobalah mengolahnya untuk menjadi sebuah masakan yang memiliki rasa enak. Anda bisa membuat sayur sop dengan kaldu ayam, atau Anda juga bisa menambahkan sayuran dalam sandwich yang Anda konsumsi ketika sarapan.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan memiliki kandungan fitosterol yang bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol karena fitosterol mampu menbhambat penyerapan kolesterol jahat di dalam darah.

Sebuah studi yang dilakukan oleh American Journal of Clinical Nutrition, mendapati bahwa partisipan yang mengonsumsi kacang walnut setiap hari selama 1 bulan mendapatkan penurunan kadar kolesterol jahatnya hingga 9,3%. Kacang-kacangan lain yang bisa Anda konsumsi adalah kacang almond yang juga dapat meningkatkan kesehatan pembuluh darah.

Pisang

Selain sayuran hijau, buah-buahan juga telah terbukti secara medis memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh Anda. Pisang adalah salah satu makanan yang direkomendasikan untuk membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh Anda.

Kandungan zat inulin yang ada di dalam pisang bermanfaat untuk mengurangi kolesterol dari makanan maupun minuman yang Anda konsumsi. Zat ini akan membantu Anda mengendalikan kadar kolesterol dalam darah.

Oat

Oat terkenal sebagai makanan yang tinggi serat. Serat berguna untuk melancarkan dan membuat sistem pencernaan Anda lebih sehat. Selain tinggi serat, oat juga memiliki kandungan beta glucan yang dapat membantu mengurangi kolesterol dalam tubuh Anda. Beta glucan juga memiliki peranan penting dalam menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada dalam darah Anda.

Untuk menikmati oat, umumnya adalah dengan cara menambahkan susu rendah lemak dan menikmatinya seperti sereal untuk sarapan. Cara lain yang bisa Anda terapkan adalah dengan membuat resep salad dengan tambahan oat. Anda bisa membuat resep Oat Chicken & Vegetables Salad yang cara pembuatannya cukup mudah jika Anda tidak menyukai rasa khas dari oat.

Teh Hijau

Makanan alami lain yang bisa Anda konsumsi untuk menurunkan kolesterol dalam darah adalah teh hijau. Kandungan katekin (catechin) yang ada dalam teh hijau berguna untuk menurunkan kolesterol jahat yang ada dalam darah Anda. Hal ini telah terbukti secara medis.

Jika Anda ingin mengonsumsi teh hijau, pastikan mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup dan rutin. Jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsinya, karena sesuatu yang berlebihan justru akan berdampak buruk untuk tubuh Anda.

Kolesterol memang menjadi masalah utama penyebab penyakit berbahaya. Jika Anda merasakan beberapa gejala karena memiliki kadar kolesterol yang cukup tinggi atau dalam ambang batas yang berbahaya, segera lakukan pemeriksaan kolesterol lengkap agar Anda mengetahui hal-hal apa saja yang harus Anda lakukan untuk menormalkan kembali kadar kolesterol dalam tubuh Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ruko Cibinong City Center, Blok B No. 12B

Hubungi Kami Segera

Hubungi Kami Segera

021 2933 5171

Email Kami

Email Kami

lab.arkatama@gmail.com

Daftar Online

Daftar Online

Daftar Cek Lab