Manfaat pepaya untuk kesehatan tubuh

Manfaat Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat pepaya untuk kesehatan tubuh ternyata bukan hanya untuk melancarkan pencernaan saja. Buah dengan daging berwarna oranye ini memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda. Selain dinikmati dalam salad buah, pepaya juga bisa Anda nikmati secara langsung dengan mencucinya terlebih dahulu agar tetap bersih dan terbebas dari mikroorganisme berbahaya.

Manfaat pepaya untuk kesehatan tubuh

Manfaat pepaya untuk kesehatan tubuh

Agar Anda mendapatkan manfaat maksimal dari buah pepaya ini, konsumsilah secara rutin. Anda bisa menjadikan buah ini sebagai menu sarapan Anda setiap hari, tentunya dengan porsi yang cukup dan jangan berlebihan yang justru akan membuat Anda terkena efek sampingnya. Berikut adalah 3 manfaat pepaya yang jarang diketauhi:

Menghaluskan Kulit

Buah pepaya mengandung banyak vitamin yang sangat bermanfaat untuk kesehatan pencernaan maupun kesehatan kulit. Vitamin A, C, dan E yang Anda dapatkan saat Anda mengonsumsi pepaya mampu membuat kulit Anda menjadi lebih mulus dan lebih kencang.

Selain dikonsumsi, Anda juga bisa menjadikan buah pepaya sebagai masker alami untuk wajah Anda. Masker buah pepaya bermanfaat untuk melembabkan kulit wajah, mengatasi lingkaran hitam di area bawah mata, mencerahkan kulit wajah, menyembuhkan jerawat, dan mengurangi kerutan di wajah.

Cara membuat masker buah pepaya adalah:

  1. Campurkan 1 sendok makan buah pepaya yang sudah dihaluskan dan 1 sendok teh madu.
  2. Oleskan pada permukaan wajah Anda secara merata menggunakan jari-jari tangan atau kuas bersih.
  3. Diamkan selama 30 menit atau hingga masker mengering.
  4. Bilas wajah menggunakan air dingin.

Mencegah Kanker dan Tumor

Manfaat pepaya untuk mencegah penyakit berbahaya

Manfaat pepaya untuk mencegah penyakit berbahaya

Saat beraktivitas seharian penuh, tentu tubuh Anda akan terpapar oleh radikal bebas yang ada di sekitar Anda. Radikal bebas ini sangat berbahaya bagi tubuh Anda dan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Bahaya radikal bebas, antara lain:

  • Sindrom gangguan pernapasan pada orang dewasa, artritis, penyakit iskemik (stroke dan sakit jantung), tekanan darah tinggi, preeklamsia, dan Alzheimer.
  • Dampak radikal bebas dari luar tubuh seperti sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan oksidatif pada sel-sel kulit.
  • Dapat menyebabkan penyakit kanker, mata katarak, menurunnya fungsi ginjal, dan aterosklerosis atau penyempitan pembuluh darah yang sering menjadi pembunuh utama.
  • Menyebabkan kerusakan sel yang membuat seseorang mengalami penuaan lebih cepat.

Beruntung bagi Anda yang sudah rutin mengonsumsi buah pepaya, karena kandungan antioksidan likopen yang terkandung di dalam pepaya dapat membantu mengurangi radikal bebas dan mencegah berbagai macam penyakit berbahaya seperti yang telah disebutkan di atas.

Mampu Mengobati Ruam

Selain manfaat yang telah disebutkan di atas, masker buah pepaya juga mampu mengobati ruam dan kulit yang terbakar akibat sinar matahari. Hal ini dikarenakan masker buah pepaya memiliki efek mendinginkan kulit yang dapat memberikan efek ketenangan pada kulit Anda yang mengalami ruam.

Cara membuat masker pepaya untuk mengobati ruam:

  1. Ambil seperempat pepaya matang dan satu putih telur.
  2. Hancurkan pepaya hingga menjadi bubur.
  3. Kemudian, tambahkan putih telur dan aduk hingga merata.
  4. Oleskan di wajah selama 10-15 menit.
  5. Setelah itu, usap dengan air hangat secara perlahan.

Pepaya memang merupakan buah yang banyak manfaat, bukan hanya untuk melancarkan pencernaan tapi juga berbagai macam manfaat lainnya seperti yang telah disebutkan di atas. Agar Anda mendapatkan manfaat maksimal dari buah pepaya, konsumsi secara rutin setiap hari dengan porsi yang cukup dan tidak berlebihan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ruko Cibinong City Center, Blok B No. 12B

Hubungi Kami Segera

Hubungi Kami Segera

021 2933 5171

Email Kami

Email Kami

lab.arkatama@gmail.com

Daftar Online

Daftar Online

Daftar Cek Lab