Gerakan shalat bermanfaat untuk kesehatan

Manfaat Shalat untuk Kesehatan – Ternyata Manfaatnya Seperti Olahraga!

Tahukah Anda bahwa ternyata gerakan shalat bermanfaat untuk kesehatan? Mungkin Anda belum mengetahui hal ini. Meskipun Allah SWT mewajibkan umat-nya untuk menunaikan kewajiban shalat, ternyata gerakan shalat memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Beruntunglah Anda yang sering melakukan shalat sunnah.

Gerakan shalat telah terbukti secara medis bermanfaat untuk kesehatan. Berolahraga dan menunaikan kewajiban shalat ternyata memiliki manfaat yang relatif sama.

Gerakan shalat bermanfaat untuk kesehatan

Manfaat Shalat untuk Kesehatan:

Seorang dokter, peneliti, dan direktur dari Trinidad Islamic Academy-dr. Ebrahim Kazim menyatakan:

“Repeated and regular movements of the body during prayers improve muscle tone and power, tendon strength, joint flexibility and the cardio-vascular reserve.”

Artinya, setiap gerakan yang bersifat repetitif (pengulangan) dari anggota tubuh Anda ketika melakukan shalat mampu menguatkan otot, tendon, memberikan kelenturan pada bagian sendi, serta memiliki efek yang luar biasa kepada sistem kardiovaskular.

Hal ini lebih ditekankan lagi pada gerakan shalat dhuha yang Anda lakukan. Shalat dhuha dilakukan ketika pagi hari sebelum Anda memulai aktivitas. Pada waktu tersebut, tubuh Anda masih dalam kondisi “dingin”, dengan melakukan shalat dhuha, tubuh Anda akan lebih siap dan lebih segar untuk beraktivitas karena telah digerakkan dan “dipanaskan” melalui gerakan shalat dhuha.

“Mengapa tidak melakukan gerakan olahraga jika ingin mendapatkan efek tersebut?” Mungkin Anda berpikiran seperti itu. Namun, perbedaan mendasar dari olahraga dengan melakukan shalat adalah, shalat akan menambah pahala Anda.

Manfaat Shalat Dhuha Menurut Hadist:

“Dalam tubuh manusia terdapat 360 persendian, dan ia wajib bersedekah untuk tiap persendiannya.” Para sahabat bertanya, “Siapa yang sanggup, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, “Ludah dalam masjid yang dipendamnya atau sesuatu yang disingkirkannya dari jalan. Jika ia tidak mampu, maka dua rakaat Dhuha sudah mencukupinya.” (HR Ahmad dan Abu Dawud).

Shalat dhuha tidak hanya bermanfaat untuk mempersiapkan tubuh Anda menghadapi aktivitas harian, namun shalat dhuha juga dapat membantu menghilangkan stress yang tidak Anda sadari. Hal ini sejalan dengan keterangan dr. Ebrahim Kazim, yaitu:

 “Simultaneously, tension is relieved in the mind due to the spiritual component, assisted by the secretion of enkephalins, endorphins, dynorphins, and others.”

Anda bisa mendapatkan efek yang sama dengan ketika Anda melakukan gerakan olahraga. Stres bisa hilang karena hormon-hormon yang diproduksi oleh tubuh ketika Anda melakukan gerakan shalat. Untuk itu, Anda perlu ingat selalu untuk menunaikan kewajiban shalat lima waktu dan juga mengerjakan shalat sunnah.Gerakan shalat dapat membantu menghilangkan stres

Sesuai pernyataan dr. Ebrahim Kazin, ketenangan, kesehatan, dan kebahagiaan bisa Anda dapatkan jika Anda sering melakukan shalat. Selain menunaikan shalat, jangan lupa untuk menerapkan pola hidup sehat agar tubuh Anda semakin sehat, segar, dan bugar. Perhatikan asupan nutrisi harian Anda, hindari makanan tinggi kolesterol dan gula untuk menghindarkan diri Anda dari berbagai macam penyakit berbahaya.

Sumber: SatuMedia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ruko Cibinong City Center, Blok B No. 12B

Hubungi Kami Segera

Hubungi Kami Segera

021 2933 5171

Email Kami

Email Kami

lab.arkatama@gmail.com

Daftar Online

Daftar Online

Daftar Cek Lab