Manfaat Air Putih

Manfaat tersembunyi dari air putih

Air putih terkenal dengan manfaatnya untuk melancarkan aliran darah. Selain melancarkan aliran darah, ternyata air putih juga memiliki beragam manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda. Tubuh manusia terdiri dari 60-70% cairan, kekurangan cairan dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai macam masalah serius.

Manfaat Air Putih

Manfaat Air Putih

Setiap harinya, Anda membutuhkan sekitar 1,5-2L air putih agar tubuh dan metabolisme Anda dapat bekerja secara optimal. Jika Anda mencukupi kebutuhan cairan harian Anda, manfaat yang akan Anda dapatkan adalah sebagai berikut

Manfaat Tersembunyi dari Air Putih:

Memperlancar Aliran Darah

Apakah Anda pernah merasa mudah lelah, kesemutan, nyeri sendi, dan krram otot? Ini adalah salah satu pertanda bahwa aliran darah Anda tidak lancar. Jika Aliran darah tidak lancar, peredaran oksigen dalam darah ke seluruh organ juga menjadi tidak lancar, hal ini bisa menyebabkan masalah serius.

Untuk memperlancar aliran darah, Anda perlu mengonsumsi air putih dan memenuhi kebutuhan cairan harian Anda. Jika Anda sering lupa untuk meminum air putih, Anda bisa mengunduh aplikasi pengingat seperti Water Reminder.

Mengurangi Stres

Mengutip dari hallosehat, meskipun 60-70% tubuh manusia terdiri dari air, namun komposisi air pada otak lebih tinggi dibandingkan air pada tubuh secara keselutuhan. Otak manusia terdiri dari 73% air, maka kekurangan air dapat menyebabkan kinerja otak dalam berfikir jernis juga berkurang.

Setiap manusia memiliki kemampuan untuk mengelola stres, kemampuan ini merupakan peranan otak. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kekurangan air dapat mengganggu kinerja otak, salah satunya adalah keemampuan untuk mengelola stres. Cukupi kebutuhan cairan harian Anda untuk membantu mengurangi stres.

Membantu Proses Detoks dalam Tubuh

Sehubungan dengan manfaat air putih yang dapat membantu memperlancar aliran darah, air putih juga dapat membantu proses detoks dalam tubuh. Hal ini dikarenakan aliran darah yang lancar akan mengoptimalkan kinerja aliran darah yang membawa sisa-sisa metabolisme dan racun dalam tubuh ke ginjal untuk kemudian difiltrasi dan dibuang bersama air seni.

Membantu Mengurangi Gangguan Pencernaan

Organ penceraan manusia butuh oksigen dan air agar dapat bekerja secara optimal. Sebagai contoh, usus besar dapat bekerja optimal dalam menyerap nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi jika mendapatkan cukup asupan oksigen dan air.

Selain itu, mengonsumsi air putih juga dapat membantu dalam menjaga kebersihan organ pencernaan, khususnya air hangat. “Air hangat memang lebih bisa membantu membersihkan toksin di dalam pencernaan,” ujar dr. Devia Irine Putri dari KlikDokter.

Sembelit juga merupakan masalah pencernaan yang sering dialami oleh sebagian orang. Penyebab sembelit yang paling utama adalah karena adanya masalah pergerakan pada usus. Dengan mengonsumsi air, khususnya air hangat dapat membantu mengatasi masalah sembelit.

Kesimpulan

Mengonsumsi air putih memiliki berbagai macam manfaat untuk tubuh Anda. Dengan rutin mengonsumsi air putih minimal 1,5-2L setiap hari, tubuh Anda akan lebih sehat dan mendapatkan berbagai macam manfaat, seperti:

  1. Memperlancar aliran darah
  2. Mengurangi stres
  3. Membantu proses detoks dalam tubuh
  4. Membantu mengurangi gangguan pencernaan

Selain mengonsumsi air putih, tentu Anda perlu menjaga pola makan Anda. Hanya mengonsumsi air putih saja tanpa menjaga pola makan, membuat manfaat dari air putih menjadi tidak optimal. Anda juga perlu menerapkan pola hidup sehat agar Anda tetap sehat dan awet muda. Konsumsi makanan tinggi serat seperti pepaya untuk membantu melancarkan pencernaan dan menyehatkan tubuh Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ruko Cibinong City Center, Blok B No. 12B

Hubungi Kami Segera

Hubungi Kami Segera

021 2933 5171

Email Kami

Email Kami

lab.arkatama@gmail.com

Daftar Online

Daftar Online

Daftar Cek Lab