Menjaga sistem imun tubuh

Pentingnya Menjaga Imun Tubuh di Masa Pandemi

Pentingnya menjaga imun tubuh harus diterapkan oleh setiap orang karena sistem imun merupakan pasukan terdepan yang akan menjaga tubuh Anda dari berbagai macam penyakit, terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini.

Menjaga sistem imun tubuh

Menjaga sistem imun tubuh

Sistem imun yang lemah akan menyebabkan Anda mudah terserang penyakit. Jika sudah terkena penyakit, Anda perlu mengeluarkan biaya yang cukup mahal untuk melakukan proses pengobatan dan penyembuhan agar Anda bisa beraktivitas normal seperti biasanya. Namun, bagaimana cara menjaga imub tubuh di masa pandemi? Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan:

Mengonsumsi makanan bergizi

Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi seperti sayuran hijau dan buah-buahan, serta makanan yang tinggi serat dan kaya akan antioksidan. Antioksidan penting untuk melawan radikal bebas yang ada di tubuh Anda. Radikal bebas ini dapat mengganggu kinerja imun tubuh Anda dan membuat Anda lebih mudah terserang virus penyakit seperti virus Corona.

Pastikan Anda menghindari makanan yang tinggi gula dan tinggi kolesterol, selain imun tubuh Anda kuat, Anda juga terbebas dari penyakit-penyakit berbahaya yang dapat disebabkan oleh kadar kolesterol dan gula dalam darah yang tinggi.

Untuk mengetahui pola makan yang sehat, Anda bisa membaca artikel kami dengan judul Pola Makan Sehat untuk Pegawai Kantoran. Terapkan juga pola hidup sehat agar tubuh Anda lebih kuat dan pikiran Anda lebih segar setiap harinya.

Berolahraga secara rutin

Olahraga memang telah terbukti dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Kegiatan ini sangat baik Anda lakukan setiap harinya (tidak hanya ketika masa pandemi saja) karena selain menyehatkan, memperkuat sistem imun, tapi juga dapat membuat Anda tampil awet muda.

Siapkan waktu minimal 20-40 menit sehari untuk berolahraga sebelum Anda memulai aktivitas Anda. Berolahraga dapat meningkatkan fokus dan energi yang Anda butuhkan untuk aktivitas harian Anda.

Kelola stres Anda

Stres juga merupakan salah satu pemicu penyakit berbahaya. Anda perlu melakukan beberapa upaya untuk mengelola stres agar tidak menjadi stres yang berkepanjangan. Stres berkepanjangan akan meningkatkan produksi hormon kortisol di tubuh Anda.

Hormon kortisol dengan kadar tinggi dapat mengganggu performa imun tubuh Anda sehingga imun menjadi lemah dan Anda lebih mudah terkena penyakit dan virus. Kelola stres Anda dengan istirahat yang cukup, melakukan quality time, dan hal lain yang Anda sukai. Jangan paksakan diri Anda, istirahat sejenak dan hilangkan stres Anda sebelum menjadi stres berkepanjangan.

Istirahat yang cukup

Istirahat merupakan faktor terpenting dalam menjaga imun tubuh Anda tetap dalam kondisi prima. Tubuh yang kurang istirahat akan membuat imun tubuh lemah dan mengakibatkan penyakit mudah masuk ke tubuh Anda.

Cukupi kebutuhan istirahat Anda dengan tidur minimal 7-9 jam sehari. Jika Anda masih merasa kurang istirahat, sempatkanlah tidur siang sejenak, dan lepaskan gadget minimal 1-2 jam sebelum Anda tidur di malah hari untuk meningkatkan kualitas tidur Anda.

Selain 4 hal di atas, Anda juga perlu menerapkan protokol kesehatan 3M, yaitu menjauhi kerumunan, menggunakan masker, dan mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir. Mari bersama memutus rantai penyebaran virus Corona dengan pola hidup sehat, pola makan sehat, dan penerapan protokol kesehatan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ruko Cibinong City Center, Blok B No. 12B

Hubungi Kami Segera

Hubungi Kami Segera

021 2933 5171

Email Kami

Email Kami

lab.arkatama@gmail.com

Daftar Online

Daftar Online

Daftar Cek Lab