Pola Makan Sehat untuk pegawai kantoran

Pola Makan Sehat untuk Pegawai Kantoran

Pola makan sehat perlu dilakukan oleh semua orang. Tak hanya oleh pegawai kantoran, bagi Anda yang memiliki profesi lain, Anda juga perlu menerapkan pola makan sehat. Artikel ini berfokus pada pola makan sehat untuk pegawai kantoran.

Pola Makan Sehat untuk pegawai kantoran

Mengapa begitu? Karena pegawai kantoran memiliki kecenderungan untuk mengonsumsi makanan-makanan yang tidak sehat, serta melakukan pola makan yang tidak sehat. Hal ini sangat berbahaya bagi Anda yang berprofesi sebagai pegawai kantoran karena risiko Anda terkena penyakit berbahaya akan meningkat.

Selain menerapkan pola makan sehat, Anda juga perlu menerapkan pola hidup sehat agar Anda tetap sehat dan produktif. Berikut pola makan sehat untuk pegawai kantoran:

Kebiasaan Sarapan Sebagai Pola Makan Sehat

Sebelum memulai aktivitas, pastikan Anda tidak lupa untuk sarapan. Pilihlah menu makanan yang bergizi. Anda perlu mencukupi kebutuhan protein, serat, dan karbohidrat Anda. Anda bisa memilih menu-menu berikut ini:

  • Nasi dengan telur dan sayur
  • Sayur sop dan daging ayam
  • Nasi dengan tahu tempe dan sayuran hijau
  • Roti gandum dengan telur dan selada

Waktu yang sempit sebelum berangkat kerja memang meenjadi masalah bagi Anda pegawai kantoran. Hal inilah yang membuat Anda sering melewati waktu sarapan. Padahal, sarapan sangat penting bagi Anda untuk menambah energi dan fokus Anda ketika bekerja. Pastikan Anda memilih makanan dengan gizi seimbang serta rendah lemak dan gula agar Anda tetap berenergi ketika bekerja dan tidak mudah ngantuk.

Hindari konsumsi makanan instan dan yang tidak memiliki gizi seimbang seperti nasi uduk, lontong sayur, dan juga bubur. Jika memungkinkan, sebaiknya Anda perlu menyiapkan sarapan Anda sendiri, Bisa dengan membeli makanan jadi, lalu tambahkan protein seperti telur dan tempe. Setelah itu, cukupi kebutuhan serat Anda dengan konsumsi buah-buahan segar.

Perbanyak Minum Air Putih

Banyak pegawai kantoran yang tidak cukup minum air putih, mereka lebih memilih untuk minum kopi ataupun minuman manis lainnya. Memang kopi dapat meningkatkan energi Anda, namun terlalu banyak minum kopi akan menyebabkan masalah kesehatan dalam jangka panjang.

Daripada mengonsumsi minuman manis yang akan membuat kadar gula darah Anda meningkat dan membuat risiko penyakit berbahaya meningkat, ada baiknya Anda perbanyak konsumsi air putih. Air putih dapat melancarkan metabolisme dalam tubuh Anda dan membuat kinerja organ pencernaan Anda tetap dalam kondisi prima.

Untuk mencukupi kebutuhan cairan harian Anda, minumlah air putih minimal 1,5-2 liter per hari agar tubuh Anda tetap sehat.

Cukupi Asupan Serat

Konsumsi makanan tinggi serat dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Selain itu, serat dapat melancarkan pencernaan Anda serta menurunkan kadar kolesterol di tubuh Anda. Untuk tubuh yang lebih sehat, Anda perlu mencukupi asupan serat Anda.

Anda dapat mengonsumsi makanan tinggi serat seperti sayuran hijau dan buah-buahan segar. Untuk mencukupi asupan serat, Anda perlu menongsumsi minimal 5 porsi sayur dan buah setiap hari. Satu porsi ini setara dengan satu mangkuk kecil.

Kesehatan memang mahal harganya, untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar juga butuh proses yang tidak singkat. Anda perlu bersabar dalam prosesnya agar hasil yang Anda dapatkan juga maksimal. Pastikan Anda menerapkan pola makan sehat dan pola hidup sehat secara konsisten dan rasakan manfaatnya dalam jangka panjang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ruko Cibinong City Center, Blok B No. 12B

Hubungi Kami Segera

Hubungi Kami Segera

021 2933 5171

Email Kami

Email Kami

lab.arkatama@gmail.com

Daftar Online

Daftar Online

Daftar Cek Lab