Menerapkan tips hidup sehat penting untuk menjaga diri Anda agar tetap bisa sehat, bugar, dan produktif

Tips Hidup Sehat ala Nabi Muhammad SAW

Menerapkan tips hidup sehat wajib hukumnya jika Anda ingin tetap produktif dan bisa menjalankan aktivitas harian Anda secara maksimal. Menjalankan hidup sehat bukan berarti Anda harus melakukan hal berlebihan seperti diet dan olahraga berlebihan, Anda cukup melakukan kegiatan-kegiatan dalam kadar cukup agar tubuh Anda tetap terjaga kesehatannya.

Menerapkan tips hidup sehat penting untuk menjaga diri Anda agar tetap bisa sehat, bugar, dan produktif

Nabi Muhammad SAW selama masa hidupnya jarang terkena penyakit, beliau selalu nampak sehat dan bugar karena beliau sangat pandai dalam menjaga kesehatannya. Jika Anda ingin memiliki tubuh yang sehat, Anda patut mencontoh bagaimana cara beliau menjaga kesehatannya.

Berikut 5 tips hidup sehat ala Nabi Muhammad SAW

Mengonsumsi makanan halal

Sebagai umat Islam, sudah sepatutnya Anda mengonsumsi makanan halal. Allah SWT melarang umat-Nya mengonsumsi makanan dan minuman yang haram karena memiliki dampak buruk untuk tubuh. Makanan yang Anda konsumsi juga perlu Anda perhatikan, pastikan asupan nutrisi harian Anda tercukupi.

Rutin berolahraga

Nabi Muhammad SAW memiliki kebiasaan berolahraga secara rutin. Selain itu, berolahraga adalah salah satu kegiatan yang dianjurkan oleh banyak dokter di seluruh dunia untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

Olahraga yang disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW adalah memanah, berkuda, dan berenang.

“Lemparkanlah (panah) dan tunggangilah (kuda).” (HR. Muslim)

Anda perlu membiasakan diri Anda untuk berolahraga secara rutin, biasakan untuk berolahraga secara rutin minimal 20-40 menit sehari agar tubuh Anda tetap sehat dan bugar. Cobalah untuk berolahraga ringan seperti jogging atau hanya sekedar stretching agar sendi-sendi di tubuh Anda tetap sehat.

Rajin berpuasa

Tips selanjutnya dalam menjaga kesehatan ala Nabi Muhammad SAW adalah dengan rajin berpuasa. Puasa juga telah terbuktikan secara medis memiliki manfaat untuk mengeluarkan racun dalam tubuh Anda. Selain mengeluarkan racun, berpuasa juga dapat menyehatkan organ-organ vital Anda.

Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Baqarah ayat 183 yang artinya:

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Mulai sekarang, terapkan puasa sunnah senin dan kamis agar tubuh Anda lebih sehat serta racun-racun dalam tubuh Anda bisa dikeluarkan.

Mengonsumsi obat herbal

Obat herbal adalah bahan-bahan makanan dan minuman alami yang hadir di sekitar Anda. Nabi Muhammad SAW menganjurkan untuk mengonsumsi obat herbal untuk menjaga kesehatan tubuh. Anda bisa mengikuti cara beliau untuk menjaga kesehatan dengan mengonsumsi jintan hitam (habbatussauda), kurma, dan juga madu.

Secara medis, madu dan kurma juga telah terbukti memiliki banyak manfaat, salah satu manfaat terbesarnya adalah dapat menetralisir racun dalam tubuh Anda. Konsumsi madu dan kurma secara rutin dapat membantu menyehatkan tubuh Anda.

Istirahat yang cukup

Menjaga waktu istirahat adalah salah satu pola hidup sehat yang dilakukan oleh Nabi Mudammad SAW. Biasanya, Nabi Muhammad SAW memilih untuk tidur sekitar jam 9 malam atau setelah melaksanakan shalat Isya.

Waktu istirahat juga telah terbukti secara medis sangat penting untuk menjaga kesehatan Anda. Jika waktu istirahat Anda tidak cukup, Anda akan meningkatkan risiko penyakit berbahaya. Cukupi waktu istirahat Anda dengan istirahat minimal 7-9 jam per harinya

Menerapkan tips pola hidup sehat ala Nabi Muhammad SAW ini memang tidak akan memberikan hasil secara instan. Janganlah terburu-buru mengakhiri pola hidup sehat ketika Anda tidak merasakan manfaat atau hasilnya, semuanya butuh proses, untuk itu Anda perlu bersabar. Jika Anda bersabar, Anda akan merasakan manfaatnya seecara jangka panjang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ruko Cibinong City Center, Blok B No. 12B

Hubungi Kami Segera

Hubungi Kami Segera

021 2933 5171

Email Kami

Email Kami

lab.arkatama@gmail.com

Daftar Online

Daftar Online

Daftar Cek Lab