Tips mengurangi stres pada masa pandemi

Tips Mengurangi Stres Di Masa Pandemi

Stres adalah hal yang bisa dialami oleh setiap orang, termasuk Anda. Kondisi ini dapat dialami karena ada perubahan yang cukup signifikan dan dalam waktu yang relatif cepat, khususnya di masa pandemi. Pada masa pandemi, Anda dihadapkan dengan situasi yang mengharuskan Anda merubah kebiasaan Anda secara drastis, hal ini menyebabkan Anda mudah mengalami kondisi stres.

Tips mengurangi stres pada masa pandemi

Tips mengurangi stres pada masa pandemi

Stres berlebih dapat mengakibatkan produktifitas kerja menurun, serta dapat meningkatkan potensi Anda terkena penyakit berbahaya. Oleh karena itu, mengontrol tingkat stres Anda juga merupakan salah satu penerapan dari pola hidup sehat. Selain termasuk dalam pola hidup sehat, mengontrol stres Anda juga dapat membuat Anda tetap awet muda.

Tips mengurangi stres tentu Anda butuhkan untuk mengatasi stres yang kemungkinan besar Anda alami saat masa pandemi. Hal ini juga berlaku meskipun pandemi sudah usai. Untuk itu, Anda perlu mengingat dan memahami dengan baik tips-tips berikut ini:

Penuhi kebutuhan gizi

Tips mengurangi stres yang pertama adalah dengan memenuhi kebutuhan gizi harian Anda. Jika Anda setiap harinya hanya menjaga pola makan saja tanpa memperhatikan asupan nutrisi dan gizi yang Anda butuhkan, Anda tidak akan mendapatkan manfaat yang maksimal. Terlebih, jika Anda terlalu berlebihan dalam mengonsumsi daging atau makanan lain yang tinggi lemak dan kolesterol, Ini dapat berbahaya untuk kesehatan Anda.

Untuk mencukupi dan memenuhi kebutuhan gizi harian Anda, cobalah perbanyak konsumsi sayuran hijau serta buah-buahan segar. Anda dapat konsumsi buah-buahan segar sebagai menu sarapan Anda. Selain menyehatkan, buah-buahan segar juga mampu membuat Anda merasa kenyang lebih lama dibandingkan jika mengonsumsi nasi atau makanan berat lainnya.

Sebagai rekomendasi, Anda bisa mengonsumsi alpukat, jeruk, atau berry yang bermanfaat untuk membantu mengatasi stres yang mungkin sedang Anda alami selama masa pandemi ini. Pastikan juga Anda mencukupi kebutuhan cairan harian Anda minimal 1,5-2L air putih setiap harinya, agar sistem pencernaan dan metabolisme Anda tetap dalam keadaan baik.

Jaga kesehatan mental

Menjaga kesehatan mental merupakan hal yang penting dalam tips mengurangi stres. Pasalnya, karena perubahan kegiatan yang drastis, serta perubahan pola kerja yang cukup ekstrim saat Anda harus WFH (Work from home) membuat Anda lebih mudah stres.

Untuk menjaga kesehatan mental Anda, pastikan Anda mengerti apa yang pikiran Anda butuhkan saat ini. Jangan terlalu memaksakan diri Anda untuk menyelesaikan segala hal secara bersamaan dan dalam waktu yang singkat. Ukur kemampuan diri Anda, atur jadwal kerja Anda sehingga Anda bisa bekerja dengan lebih efektif sembari menjaga kesehatan mental Anda dalam keadaan baik.

Pastikan juga Anda selalu mendekatkan diri kepada sang pencipta. Curahkan seluruh keluh kesah Anda dalam tiap lantunan doa Anda, karena jika Anda memendam semua perasaan dan pikiran Anda tanpa mengeluarkannya, cepat atau lambat, hal ini akan membuat produktifitas Anda menurun dan meningkatkan level stres Anda.

Pastikan istirahat cukup

Cukup istirahat adalah salah satu tips mengurangi stres pada masa pandemi

Cukup istirahat adalah salah satu tips mengurangi stres pada masa pandemi

Tips ketiga, pastikan Anda berisitirahat dengan cukup. Anda perlu beristirahat minimal 7-9 jam sehari agar tubuh Anda tetap dalam kondisi prima. Bekerja selama masa pandemi memang menjadi tantangan tersendiri bagi Anda yang bekerja kantoran. Mulai dari jam kerja yang sudah tidak menentu, pekerjaan baru yang bisa masuk di luar jam kerja, dan juga deadline pekerjaan yang semakin singkat tentu membuat Anda lebih mudah stres.

Untuk mengatasi hal tersebut, pastikan Anda memisahkan nomor kerja dan nomor pribadi Anda. Hal ini untuk mencegah fokus Anda terganggu ketika waktu sudah menunjukkan jam istirahat Anda. Sebelum Anda beristirahat, lepaskan gadget Anda minimal 1 jam sebelum tidur agar kualitas tidur Anda lebih baik.

Lakukan hobi ketika senggang

Hobi adalah hal yang sangat menyenangkan untuk Anda lakukan. Setiap orang, tentunya memiliki hobi yang berbeda-beda, namun melakukan hobi di waktu senggang sangat penting untuk menjaga kesehatan mental Anda dan mengurangi level stres yang mungkin Anda alami saat ini.

Sediakan juga waktu khusus untuk Anda beristirahat dan melakukan hobi Anda, akhir pekan merupakan waktu yang pas untuk hal tersebut. Jauhkan pikiran Anda dari pekerjaan agar hari libur Anda bisa Anda nikmati secara maksimal dan stres bisa diatasi.

Kenali langkah yang diperlukan jika mengidap COVID-19

Tips mengurangi stres yang terakhir adalah dengan mengenali langkah-langkah yang diperlukan jika mengidap COVID-19. Anda perlu lebih bijak dalam merespon berita-berita yang Anda baca, tak perlu terlalu panik karena kepanikan hanya akan berujung pada peningkatan stres.

Dalam mengenali langkah yang diperlukan jika mengidap COVID-19, Anda dapat membaca website resmi dari pemerintah Indonesia yaitu covid19.go.id. Anda juga tak perlu khawatir untuk melakukan pengecekan COVID-19 karena kami memiliki layanan pemeriksaan COVID-19 yang pengambilan sampelnya bisa dilakukan di rumah Anda.

Sumber:
Centers for Disease Control and Prevention (CDC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ruko Cibinong City Center, Blok B No. 12B

Hubungi Kami Segera

Hubungi Kami Segera

021 2933 5171

Email Kami

Email Kami

lab.arkatama@gmail.com

Daftar Online

Daftar Online

Daftar Cek Lab