vertigo

Vertigo ini Pemeriksaan yang Dapat Dilakukan

Saat Anda mengalami vertigo, gejala yang umum muncul meliputi rasa pusing yang berputar, hingga kehilangan keseimbangan. Seringkali, terasa begitu menyakitkan dan mengganggu. Anda dapat juga mengalami rasa mual, muntah, yang selanjutnya mengganggu aktivitas harian. Vertigo merupakan masalah kesehatan yang sering kali hilang timbul. Secara medis kondisi ini membutuhkan penanganan optimal agar Anda terhindar dari serangan berulang, sebagai upaya pencegahan. Informasi lebih lanjut silahkan kunjungi website Arkatama-lab.

Secara medis, vertigo merupakan sekumpulan gejala yang terjadi secara mendadak atau berlangsung dalam jangka waktu tertentu. Dan umumnya terjadi dalam satu waktu. Vertigo dapat diklasifikasikan dalam dua jenis, dilihat dari penyebab utamanya, yakni periferal dan sentral.

Nistagmus Test sebagai Diagnosis Vertigo

Ketika Anda mengalami vertigo, gejala tersering yang muncul adalah sakit kepala berputar. Meski sesungguhnya Anda sendiri tidak dalam posisi bergerak. Yang menyebabkan kemungkinan hilangnya keseimbangan. Anda juga dapat mengalami keringat lebih, mual hingga muntah, bahkan nistagmus.

Agar diagnosis vertigo menjadi tepat. Anda harus melakukan pemeriksakan ke dokter. Sama seperti menentukan penyakit lain, dokter akan memeriksa kondisi Anda untuk mendapatkan diagnosis akurat. Selain pemeriksaan fisik, dokter akan memberikan beberapa pertanyaan, meliputi; gejala yang Anda rasakan, riwayat kesehatan atau pemeriksaan medis yang pernah dilakukan. Salah satu jenis pemeriksaan yang dapat dilakukan adalah nistagmus test.

Nistagmus merupakan pergerakan bola mata yang terjadi sangat cepat hingga tidak terkendali. Kondisi ini tentunya dapat menyebabkan terjadinya gangguan penglihatan (tidak fokus) hingga penglihatan kabur. Selanjutnya, bagaimana caranya dokter melakukan pemeriksaan nistagmus untuk diagnosis vertigo Anda?

Dalam pemeriksaan ini, Anda akan diminta melakukan gerakan-gerakan manuver cepat yang dapat memicu vertigo. Ini disebabkan karena vertigo dapat dipicu pergerakan tubuh yang terlalu cepat. Selama pemeriksaan, Anda dipantau melalui alat electronystagmography (ENG) hingga videonystagmography (VNG). Pemeriksan ini berfungsi merekam gerakan mata menggunakan kacamata khusus.

Pemeriksaan Lain

Selain diatas, dokter dapat melakukan pemeriksaan lain, sebagai cara mendiagnosis vertigo Anda. Beberapa pemeriksaan dimaksud diantaranya:

  1. Romberg test – merupakan pemeriksaan yang dilakukan dengan berdiri, dengan posisi kaki rapat dan mata terbuka. Dokter selanjutnya meminta Anda untuk menutup mata beberapa detik dan membuka kembali setelah beberapa saat. Saat Anda mengalami hilang keseimbangan atau terjatuh, kemungkinan Anda mengalami masalah kesehatan ini.
  2. Unterberger test – merupakan pemeriksaan yang dilakukan dengan cara berdiri pada kedua kaki. Selanjutnya Anda akan diminta untuk berjalan di tempat, dengan posisi mengangkat lutut setinggi mungkin selama + 30 detik, posisi mata tertutup. Saat Anda positif, Anda akan berputar ke bagian yang bermasalah.
  3. Test pendengaran – merupakan pemeriksaan yang dilakukan menggunakan bantuan audiometri dan garpu tala. Pemeriksaan ini umumnya dilakukan oleh dokter spesialis THT. Pemeriksaan ini dilakukan saat Anda disertai dengan gejala tinnitus atau hilang pendengaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ruko Cibinong City Center, Blok B No. 12B

Hubungi Kami Segera

Hubungi Kami Segera

021 2933 5171

Email Kami

Email Kami

lab.arkatama@gmail.com

Daftar Online

Daftar Online

Daftar Cek Lab